Jumat, 31 Agustus 2012

BIKERS AROGAN DAN URAKAN ???


Apa yang terbesit di benak anda ketika mendengar tentang anak motor ?.


Tak di pungkiri memang kesan negatif pasti sempat terlintas di benak anda yang belum familiar dengan dunia perbikeran.
Yang terlihat sepintas mungkin hanya sekumpulan pengendara motor yang senang nongkrong di pinggir jalan dengan penampilannya yang "angker" dan selalu bepergian secara bergerombol.

Pada dasarnya semua yang dilakukan terlepas dari itu positif ataupun negatif semuanya karena ada rasa suka dari diri sendiri  tanpa ada paksaan dari pihak manapun yang kemudian disebut hobi.
Atas dasar itulah para bikers melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan sepeda motor, bahkan tak jarang ada kegiatan kemanusiaan yang dilakukan. 
Berangkat dari rasa hobi yang sama memodifikasi dan melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor itulah banyak terbentuk club dan komunitas sepeda motor yang tersebar diseluruh nusantara dan dunia. cirinya biasanya menggunakan jenis motor yang sama dan menggunakan lambang yang mewakili jati diri dari club/komunitas itu sendiri. Misi umumnya adalah mengorganisir masyarakat para pecinta sepeda motor yang ada di sekitar wilayah tempat club/komunitas itu berasal. Tujuannya mempererat solidaritas dan tali silaturahmi antar sesama anggota club/komunuitas itu sendiri dan anggota dari club/komunitas dari daerah lain.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pun bersifat kekeluargaan seperti halnya contoh saling memberi informasi dan bakti sosial dalam arti secara umum antar sesama anggota club/komunitas dan masyarakat umum.
Dengan sendirinya mental dari tiap-tiap anggota club/komunitas sudah terbentuk untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama. 


Sering kali club/komunitas di kait-kaitkan dengan gank motor yang meresahkan, agar tidak terjadi kesalah pahaman maka saya coba tegaskan bahwa club/komunitas itu tidak sama dengan gank motor. Karena club/komunitas tidak melakukan tindakan-tindakan kriminal  seperti perampokan,pembunuhan,pemerkosaan,penganiayaan,atau tindakan-tindakan yang melanggar hukum lainnya.
Club/komunitas memiliki organisasi yang jelas dan dilindungi hukum karena mempunyai tata tertib dan peraturan-peraturan yang sah dan dicatatkan di notaris. Berbeda dengan gank motor yang memang bertujuan untuk membuat keonaran dan tidak memiliki dasar aturan-aturan hukum yang resmi.
Pada akhirnya semua penilaian saya kembalikan kepada anda sebagai masyarakat umum yang melihat dan menimbang untuk memutuskan.         
  

2 komentar:

aji mengatakan...

singkat padat jelas.. ditunggu coretan lainnya bra
d

jamariarisaputri mengatakan...

jos